HONGKONG : DISNEYLAND - Hellofromourhome ID

Sunday 22 October 2017

HONGKONG : DISNEYLAND

Anda pasti tidak asing dengan istana berwarna pastel dibawah ini, ya ini adalah istana dari taman bermain Disneyland. Istana ini tidak lain adalah merupakan lambang ikon yang mudah diingat semua orang. Saya dan Michelle menyebutnya rumah dari Mickey Mouse. Meskipun putri kami hanya mengenal beberapa tokoh dari Disneyland, tetapi dia terlihat sangat antusias. Kami mengunjungi Disneyland Hongkong yang merupakan taman bermain disney yang paling kecil jika dibandingkan dengan taman Disneyland yang berada di beberapa negara lain. Ini adalah pertama kalinya kami mengunjungi Disneyland.

Disneyland Hongkong dibuka pada tahun 2005, setelah 10 tahun lebih kebersihan dan bangunannya masih terjaga dengan baik.

Terletak diujung dari kota Hongkong yaitu Pulau Lantau, Disneyland ini merupakan taman bermain yang terbesar diHongkong saat ini.


Bagaimana cara menuju Disneyland Hongkong?
Untuk turis yang menggunakan transportasi umum kereta, anda bisa menuju ke stasiun Sunny Bay dan mengganti kereta anda disini. Anda bisa melihat dipeta dibawah terdapat gambar dari tokoh Mickey mouse yang menjadi tujuan anda yaitu stasiun Disneyland Resort.



Anda hanya perlu mengganti kereta anda diseberang setelah anda turun dari kereta di stasiun Sunny Bay. Ikuti petunjuk dibawah ini. Ada banyak petugas yang menunjukkan jalan kearah stasiun Disneyland Resort.


Kereta yang membawa penumpang menuju ke Disneyland Resort didekorasi dengan tokoh-tokoh andalan Disney.

Pegangan keretanya didekorasi dengan bentuk wajah dari Mickey mouse juga jendela keretanya.

Dekorasi didalam berupa patung-patung karakter Disney seperti Donald Duck, Pluto, dll.

Ini adalah stasiun pemberhentian kita yaitu stasiun Disneyland Resort 

Terdapat gerbang masuk yang bertuliskan Disneyland Resort Hongkong, ini sering menjadi tempat untuk berfoto bagi para turis. Tapi jangan berlama-lama disana, karena banyak arena bermain yang menunggu anda.

Setelah berjalan sedikit melewati gerbang tersebut ada patung Mickey yang sedang berselancar diatas semburan ikan paus. 

Sebelum memasuki loket dan antrian masuk, petugas akan memeriksa masing-masing barang bawaan anda terlebih dahulu.


Tiket Disneyland Resort Hongkong
Kami membeli tiket ini melalui agent travel agency klik disini. Kami membeli tiket dari travel agen dan menerima tiket dalam bentuk pdf yang dikirimkan ke email kami. Anda hanya perlu membawa tiket copy nya dan bar code akan di scan ketika anda masuk.
Anda juga bisa membelinya melalui klook
Harga tiket normal: 
Orang dewasa. $HK 589
Anak-anak. $HK 419
Untuk harga yang terbaru silahkan klik di web Disneyland HK disini.


Setelah masuk anda akan disambut dengan dekorasi tanaman bergambar Mickey dibawah ini. Tepat di belakangnya adalah stasiun kereta yang membawa penumpang menuju ke area Fantasyland. Nama dari stasiun kereta ini adalah Hong Kong Disneyland Railroad.

Cuaca pada waktu itu sangat tidak mendukung. Walaupun kami datang pada saat liburan musim panas, ada beberapa hujan yang tetap datang dan pergi. Hujan akan datang sangat tiba-tiba dan berhenti juga sangat cepat. Ini terjadi berulang kali dan mereda sekitar siang hari.

Ada beberapa wilayah di taman bermain Disney ini:
1. Main Street, U.S.A
2. Adventureland
3. Grizzly Gulch
4. Mystic Point
5. Toy Story Land
6. Fantasyland
7. Tomorrowland
8. The Pavilion

Dibawah ini adalah jalanan utama dibalik stasiun kereta diatas. Tempat ini dinamakan Main Street, U.S.A. Tidak ada wahana permainan diarea ini, hanya terdapat tempat untuk berbelanja, cafetaria, toko roti, tempat berfoto dengan karakter-karakter disney.

Ada beberapa jadwal untuk berfoto dengan karakter-karakter disney dan tersebar di area ini, klik disini untuk jadwal untuk berfoto dengan karakter Disney. Anda harus mengantri terlebih dahulu untuk bisa mendapat giliran berfoto. Panjang antrian tergantung dari karakter tersebut. Tentu saja yang paling panjang adalah tokoh andalan mereka Mickey Mouse dan Minnie Mouse terletak di Town Hall di Main Street, U.S.A.


Akan ada fotografer yang akan membantu anda mengabadikan foto anda lewat kamera DSLR mereka, tetapi anda harus menebusnya di tempat cetak foto. Tetapi selain itu mereka juga akan membantu anda mengabadikan foto anda memakai kamera anda sendiri, tetapi tentu saja dengan agak cepat tanpa ada yang mengarahkan gaya anda. 

Untuk menebus foto tersebut anda akan diberi tiket PhotoPass. Jika tidak tiket tersebut bisa disimpan dalam waktu 1 bulan dan bisa diakses diweb disini untuk menebus fotonya.



Setelah melewati area main street, U.S.A tersebut anda akan menemui 3 jalur.
1. Fantasyland
2. Tomorrowland
3. Adventureland

Area dibelakang istana kastil ini adalah Fantasyland yang memang sesuai dengan namanya yaitu dunia fantasi.Ada banyak wahana permainan yang bisa dimainkan bersama dengan anak-anak didaerah ini. 

Jika anda memilih untuk belok ke kiri anda akan menuju ke area Adventureland
Dan jika anda memilih untuk belok ke kanan anda akan menuju ke area Tomorrowland.



Sangat tidak disarankan untuk pergi dimusim lliburan musim panas, karena akan banyak sekali turis. Terutama turis dari China adalah mayoritasnya. Antrian di tiap-tiap wahana akan selalu panjang. Juga cuaca yang terik selama mengantri, karena beberapa tidak dilengkapi dengan atap penutup.
Stroler juga tidak diperkenankan ketika anda mengantri. Antriannya juga tidak serapi yang saya bayangkan seperti diSingapura. walaupun area mengantri sangatlah luas, tetapi antriannya tetap seperti lautan manusia, sehingga jika kalian memutuskan untuk tidak melanjutkan untuk mengantri akan kesusahan juga untuk kembali keluar. 
Selain itu antriannya tidaklah rapi, saya mengalami antrian kami dipotong oleh orang-orang dibelakang kami beberapa kali hanya karena kami mengikuti barisan antrian kami. 

Menurut saya sebaiknya area mengantri diberi batas area hanya untuk cukup membuat satu barisan, tetapi lebih banyak putaran seperti yang kami pernah lihat di Korea. Antriannya akan menjadi lebih teratur dan tidak perlu berebut posisi.

Ini adalah beberapa permainan di Fantasyland yang sempat kita mainkan, karena panjang antrian yang tidak terlalu ramai.
1. Hong Kong Disneyland Railroad Fantasyland station to Main Street


Dari kiri atas (searah jarum jam)
2. Cinderella Carousell
3. Mad Tea Hunter
4. It's a small world
5. Winnie the pooh





Ada beberapa pertunjukan dan parade yang diadakan di Disneyland Hongkong, Tetapi kami hanya menonton 2 pertunjukan yang sempat kami tonton.

1. Festival of The Lion King 
Performance time: 12.00 PM;2.00 PM; 4.30 PM; 6.00 PM

2. Mickey and the  Wondrous Book
Performance time: 11.45 AM;1.00 PM; 3.45 PM; 5.15 PM; 6.30 PM

Parade juga akan diadakan dua kali yaitu pada waktu siang dan malam. 
Siang pukul 1.30 PM, 
Malam pukul 7.00 PM.
Kembang apinya akan dimulai pukul 08.00 PM ( kembang api ini akan diubah sewaktu-waktu, pada saat kami datang kembang apinya dimulai pukul 9.00 PM). 
Untuk lebih detail untuk tema dari parade dapat dilihat disini.

Saran kami jika anda ingin melihat 2 pertunjukan ini adalah sebaiknya anda menonton pertunjukan dari Mickey and the Wondrous Book terlebih dahulu karena tempat duduk untuk pertunjukan ini adalah terbatas dan banyak sekali karakter disney yang akan tampil disini. Ceritanya mengenai petualangan Mickey didalam buku yang ajaib.


Setelah selesai anda bisa melanjutkan dengan menonton pertunjukan dari Lion King. Dua pertunjukan ini adalah pertunjukan musical jadi akan ada banyak sekali nyanyian lagu-lagu Disney. Pertunjukan akan ditampilkan dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan Kanton. Kecuali untuk Mickey, bahasa utama adalah Kanton, tetapi ada terjemahan kedalam bahasa Inggris disamping panggung.

Untuk pertunjukan Lion King ini sendiri ada beberapa tempat duduk yang tersedia. Simba karakter dari Lion King ini akan menghadap ke arah pintu masuk. Jadi jika anda ingin melihat langsung kearah singa ini, sebaiknya anda duduk disamping pintu masuk.


Toko-toko karakter Disney ini tersebar dibeberapa area. Di Main Street sendiri adalah yang terlengkap. Hampir semua karakter ada disini. Sedangkan untuk area lain adalah lebih terutama menjual barang-barang yang berhubungan dengan area tersebut. 

Toko dibawah dapat ditemui di area Fantasyland.
 




Area ini adalah Tomorrowland.
Area terbaru dari Disneyland adalah Toy Story Land, sangat bagus untuk didatangi ketika hari mulai gelap karena akan banyak lampu-lampu yang terlihat.

Disneyland Hongkong juga memiliki aplikasi yang bisa diinstall didalam handphone kita. Nama aplikasinya adalah Hong Kong Disneyland by Disney. Klik disini untuk menginstall applikasinya.

Didalam aplikasinya juga terdapat lama waktu antrian dari tiap-tiap permainan. Tetapi menurut saya waktunya tidak terupdate secara real time. Karena waktu antrian yang tertera dimasing-masing permainan berbeda dengan yang tertera diaplikasi. Tetapi anda dapat mengakses petanya dengan mudah juga jadwal-jadwal pertunjukan dan foto bersama.


Terima Kasih sudah membaca ♡



Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya TUHAN itu! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya!

No comments:

Post a Comment