KOREA : DIARI MAKANAN DI SEOUL - Hellofromourhome ID

Tuesday 10 October 2017

KOREA : DIARI MAKANAN DI SEOUL

Makanan apa yang kita makan diKorea? Kita adalah penggemar makanan Korea, diSingapura banyak sekali makanan food stall yang menjual makanan Korea. Beberapa ada yang sudah dimodifikasi sehingga sesuai dengan lidah kita tetapi ada beberapa juga yang menjual makanan Korea yang bercita rasa asli.

Selama di Korea, kita tidak mencari makanan-makanan khusus. Kami hanya mencari makanan yang tentunya kami dan putri kami bisa makan bersama. Biasanya Kami memesan satu makanan yang ingin kita makan untuk dibagi berdua, saya dan suami, jadi biasanya kita memilih makanan yang agak pedas. Dan satu menu lain adalah makanan yang bisa dimakan oleh putri kami dan biasanya berkuah.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang kita coba selama diKorea. Semua menunya berbahasa Korea. beberapa menunya tidak ada terjemahan dalam bahasa inggris atau huruf alfabet. Beberapa juga tidak disertai oleh gambar. Jadi kita kadang hanya asal menebak atau memakai Google translate image untuk menerjemahkan.

1. Hari Pertama
h'Kitchen

Tempat akomodasi kami terletak sangat dekat dengan Mall ini. DiBasementnya banyak sekali tempat jajanan, food stall, restaurant dan juga supermarket. Hari pertama kami datang adalah hari Sabtu, jadi mall ini sangatlah ramai. Dan tentu saja, pertama kali kami datang disini tanpa tour guide sangat membingungkan, pertama karena kendala bahasa dan juga budaya.

Tempat ini menyediakan beberapa makanan Korea. Cara pemesanannya adalah seperti layaknya tempat makanan cepat saji/fast food. Kita harus mencari tempat duduk terlebih dahulu, lalu salah seorang memesan makanan dicashier. Kita diberi nomor urutan untuk mengambil makanan dan kita akan mengambil makanan tersebut dicounter masing-masing.

Suami saya memesan makanan dibawah ini, bibimbap dan mie berkuah, tetapi sup yang kita pesan ternyata adalah mie dingin. Jadi putri kami terpaksa memakan bibimbap ini, tanpa sausnya tentu saja.

Lokasi : Gangnam, klik disini untuk petanya
Sebenarnya kita mencari restauran didekat Gangnam untuk makan malam, Disekitar daerah ini ada beberapa restaurant yang direkomendasi. Tetapi karena sudah malam, kita tidak bisa menemukannya juga udaranya yang sangat dingin karena winter dan angin malam maka kita memutuskan untuk masuk ke restoran terdekat.

Banyak orang Korea yang makan direstoran ini. Mereka datang dengan satu rombongan atau grup. Biasanya mereka memesan alkohol juga untuk minum. seperti yang kita lihat didrama-drama.

Tetapi ditempat makan ini hanya ada satu pelayan yang juga merangkap menjadi kasir yang melayani. Restauran ini juga menyediakan makanan barbecue. Kali ini pun kami salah memesan makanan. kami kira dagingnya disajikan dengan kuah yang tidak pedas. Jadi putri kami hanya bisa makan telur dan sayur dari makanan sampingan ini. Untungnya makanan sampingan ini bisa diisi ulang.

Kendala bahasa adalah yang terutama, tetapi jika anda bisa berbahasa mandarin. ada beberapa pelayan restoran yang bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa mandarin.

2. Hari Kedua
Lokasi : Bears Town Ski Resort
Mereka menjual beberapa makanan kecil didekat tempat bermain ski untuk pengunjung. Juga disediakan tempat untuk duduk. Didekat tempat masing-masing tempat ski juga ada food stall yang menjual makanan berat.

Kami memesan kimchi soup dan Jajangmyeon atau mie dengan saus hitam. Michelle bisa makan mie ini karena mie ini tidak pedas.

Lokasi : NajugaGangnam, klik disini untuk petanya

Kami sebenarnya kembali ke Gangnam untuk mencari restauran yang kami cari kemarin malam dan juga melihat-lihat daerah sekitar. Tetapi tidak menemukannya, jadi kami memutuskan untuk masuk ke restoran terdekat.

Dari depan restoran ini memang kelihatan menarik maka kami memutuskan masuk kedalam juga ada banyak orang yang makan direstoran ini. Dimenunya disediakan gambar dari makanan tersebut selain namanya jadi kami tidak kesusahan untuk memesan makanan.

Saya merekomendasikan restauran ini karena makanannya benar-benar enak dan pas untuk lidah kami. Kami memesan beef soup tapi rasa yang berbeda. Satunya dengan kuah manis dan kuah daging asin. Michelle sangat suka sekali dengan supnya. Kali ini dia makan dengan lahap tanpa bersisa.

Sebenarnya kami berencana untuk makan makanan barbecue ditempat ini, tetapi karena sudah malam, mereka tidak memperbolehkan kami untuk memesan makanan bbq karena mereka akan tutup tidak lama lagi.

Suasana didaerah Gangnam pada hari Minggu malam tidak terlalu banyak orang dibandingkan dengan Sabtu malam, hari sebelumnya.

3. Hari Ketiga
Makan siang dan Makan Malam
Lokasi : Lotte World Adventure, Aqua Plaza

Ada restoran yang bernama Aqua Plaza yang menjual makanan seperti pizza, pork cutlet (babi goreng tepung) seperti gambar dibawah ini, nasi babi tepung dan nasi bibimbap.

Michelle sangat suka nasi dengan babi tepung tersebut.
Yang kami suka dari makanan diKorea ini, kita mendapat makanan sampingan yang bisa diisi ulang. makanan pendamping ini juga sangat pas jika dimakan dengan nasi atau tanpa nasi.

4. Hari Keempat
Lokasi : Yongsan station, I'Park Mall

Karena kami mengejar waktu untuk pergi ke pulau Nami, maka kami pergi kerestaurant yang memiliki tempat duduk kosong. Kami hanya memiliki waktu 45 menit untuk makan dan harus menunggu kereta kami.

Jadi kami pergi kerestoran terdekat di atas Yongsan stasiun ini yang juga menyediakan makanan Korea. Kami memesan sup perut ikan dan bibimbap. Michelle pun bisa memakan sup ini dengan lahap.

Makan malam
Lokasi : McDonald, Samseong dan klik disini untuk lokasi depot Korea dibawah ini.

Sepulangnya kami dari Nami, kami memutuskan untuk membungkus makanan untuk dimakan ditempat akomodasi kami. Karena sudah agak malam, tidak banyak restauran yang buka disini. Jadi kami membeli makanan dari McDonald terdekat jg depot yang menjual makanan Korea terdekat. depot ini menyediakan makanan yang tidak terlalu mahal dan masih terjangkau.

Letaknya berada dibasement dibawah Metro apartment, jadi agak tersembunyi dari luar.

5. Hari Kelima
Makan siang
Lokasi : Myeongdong, klik disini untuk petanya.

Kami memesan kimchi pancake dan sup daging dibawah ini yang bernama Yukgaejang Seolleongtang. Dagingnya tidak terlalu banyak karena dagingnya disuwir-suwir.

Kimchi pancakenya agak terlalu besar untuk porsi makan kita berdua dan tidak terlalu cocok untuk dimakan dengan nasi.

Sebenarnya kami tertarik dengan promosi makanan didepan restoran untuk paket dibawah ini, tetapi rupanya kami salah memasuki restoran. Paket makanan ini tersedia direstoran sebelah, tepatnya dilantai atas, kami harus menaiki tangga terlebih dahulu untuk menuju restoran ini.

6. Hari Keenam
Lokasi : Everland resort

Lokasi : Myeongdong, klik disini untuk petanya

Karena sudah terlalu malam untuk makan diluar seusainya dari Everland resort, kami pun membungkus makanan dari lokasi terdekat dari tempat akomodasi kami di Myeongdong.

Penjualnya adalah sepasang suami istri dan sepertinya mereka juga melayani layanan antar. Mereka memiliki menu gimbap dan juga sup dan beberapa makanan korea lainnya. harganya juga tidak terlalu mahal dan rasanya juga enak.

Saya berbagi gimbap dengan Michelle dan dia menyukai nasi dengan seaweed ini.

7. Hari Ketujuh
Lokasi : Doota

Hari terakhir ini kami habiskan untuk berbelanja oleh-oleh dan menelusuri daerah dongdaemun. Kami pun berjalan menuju Doota mall untuk mencari makan. dilantai B1 terdapat food court yang menjual berbagai makanan. Klik link dilokasi diatas untuk petunjuk direktori mall.

Dilantai 6F paling atas mall juga terdapat es krim BAEKMIDANG yang Michelle suka. Entah kenapa walaupun cuaca dingin diluar, anak-anak masih tetap tertarik untuk makan es krim.

Jadi ceritanya setelah lama memutari tempat berbelanja untuk beli oleh-oleh dan baju anak-anak, giliran mama Michelle yang berbelanja. Sementara papa dan Michelle duduk dicafe dan minum coklat panas disini.

Lokasi : Myeongdong, klik disini untuk peta

Hari terakhir kami diKorea kami habiskan dengan makan barbercue didekat tempat kami menginap. Harganya tidak terlalu mahal dan porsinya juga pas. Restoran ini buka selama 24 jam.
Untuk detil rangkuman dari makanan barbercue ini silahkan klik disini

Selain itu kami juga mencoba jajanan-jajanan jalanan yang dijual disepnjang jalan. Seperti kulit tahu, cumi-cumi seperti gambar dibawah, tornado potato, rice cake, dll.

Ada juga kue sponge keju yang kelihatannya menarik dibawah ini. Anda bisa membelinya disepanjang jalan utama menuju Myeongdong dikios kecil.

Selain itu tentunya kami juga mencoba minuman terutama susu yang beraneka ragam dengan kemasan yang menarik. Juga es krim, biskuit dan soju dari toko kecil serba ada seperti CU, 7-11, dll. Toko ini tersebar dimana-mana. Sangat jarang saya menemui supermarket besar seperti Giant diSeoul.

Jajanan-jajanan jalanan juga tersebar diberbagai sudut di Seoul, terutama ditempat keramaina seperti Gangnam, Myeongdong, Dongdaemun. Kami mencoba berbagai macam jajanan, tetapi tidak semua kami foto. Tetapi jajanan tersebut tidak semua enak. Ada beberapa yang unik juga. Michelle lumayan suka dengan tornado potato yang krispi ini.

Kami juga mencoba beberapa bakery yang diKorea seperti dibawah ini Gontran Cherrier, Tous les Jours. Dan juga mencoba ice Americano (menurut saya sangat pahit)

8. Hari Kedelapan
Lokasi: Airport

Hari dimana kami harus balik kembali ke Singapura. Kami sempatkan untuk terakhir kalinya makan makanan Korea.

Keseluruhan kami puas dengan makanan-makanan yang kami makan diKorea. Paling tidak rasanya tidak hambar dan beberapa makanan mereka juga banyak yang menjual sup dan makanan pedas yang cocok dengan lidah kami. Michelle terutama juga bisa menikmati makanan seperti sup daging dan tidak mengalami problem sama sekali.

Mungkin juga karena cuaca yang dingin yang menyebabkan kita menjadi mudah lapar dan juga perjalanan dengan berjalan kaki.

Minum Gong Cha milk tea di Seoul International Airport

Terima Kasih sudah membaca ♡

Each of you should use whatever gift you have received to serve others, as faithful stewards of God’s grace in its various forms.