JEPANG : HAKONE GUNUNG FUJI - Hellofromourhome ID

Thursday 15 February 2018

JEPANG : HAKONE GUNUNG FUJI

Jalan-jalan ke Hakone lewat Odakyu untuk melihat Gunung Fuji dari jauh merupakan salah satu agenda kami selama berada diJepang. Ini adalah pengalaman pertama kali kami berada diJepang. Jepang merupakan negara idaman papa Michelle. Selain itu kami juga ingin sekali kembali untuk melihat salju.

Hari-hari awal kami berada diJepang kami menginap disekitar daerah Shinjuku. Menggunakan fasilitas Air Bnb yang sudah dilegalkan di Jepang. Penginapan kami berjarak sekitar 2 stop dari Shinjuku menggunakan kereta.

Hakone ini merupakan salah satu area untuk turis, pengunjung banyak berdatangan untuk menikmati sejarah, kebudayaan dan kecantikan alamnya.

Pagi-pagi benar kami datang ke counter Odakyu Sightseing Service Center / Pusat pelayanan di Odakyu untuk menukarkan tiket kami menuju Hakone.

Kami membeli tiket melalui site Klook, klik disini.

Anda bisa menukarkan tiketnya kapan saja sebelum perjalanan anda ke Hakone, tapi karena kami tidak sempat menukarkan tiketnya sebelumnya, maka kami pergi menukarkan pada hari H. Kami pergi pada hari Minggu, jadi banyak orang lokal yang juga hendak menuju ke Hakone ini.

Ingat Jam operasional pelayanan ini adalah:
08.00 -18.00

Tempatnya berada dibawah Odakyu Department Store bersebelahan dengan counter dari Romance Car di dekat stasiun Odakyu.

Kami membeli Hakone Free Pass yang termasuk biaya transportasi untuk :
1. Hakone Tozan Line
2. Hakone Tozan Bus
3. KANKO SHISETSU-MEGURI Bus (bus yang membawa turis berkeliling)
4. Hakone Tozan Cable Car
5. Hakone Ropeaway
6. Hakone Sightseing Cruise
7. Odakyu Hakone Highway Bus
8. Tokai Bus Orange Shuttle

Hakone Free Pass ini bisa dibeli 1 bulan sebelumnya.

Mereka menjual pass untuk 2 hari dan 3 hari

Dari Odawara ( 1 stop sebelum Hakone Yumoto ):
Orang Dewasa : 4500 Yen
Anak-anak (6-11) : 1250 Yen

Hakone Free Pass ini termasuk biaya perjalanan kita dari Shinjuku menggunakan Express + Hakone Tozan Line.

Waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan ini adalah sekitar 115 menit. Kereta ini tidak memilliki tempat duduk yang dapat dipesan. Jadi anda harus cepat dan mencari tempat duduk anda sendiri.  Juga anda harus berhenti di Odawara untuk mengganti kereta.

Karena kami hanya memiliki waktu sehari diHakone maka kami memutuskan untuk memesan  tempat duduk di Romance Car.
Biaya tambahan : 890 Yen jika kita sudah mempunyai Hakone Free Pass.

Romance car ini adalah kereta express yang menghubungkan Shinjuku dan Hakone Yumoto. Tanpa harus mengganti kereta dan tanpa harus mencari kursi karena kursinya sudah dipesan. Perjalanan yang dibutuhkan juga relatif lebih cepat sekitar 85 menit.

Perjalanan yang kita tempuh dari Odakyu Shinjuku menuju ke Hakone Yumoto dibawah ini.

Hakone Free Pass dibawah ini. Anda hanya perlu menunjukkan ini untuk semua transportasi yang disebutkan diatas

Didalam Hakone Free Pass juga terdapat voucher per orang 500 Yen. Voucher ini dapat dipakai untuk makan di Bakery & Delicatessen Hakone Cafe / Membeli souvenir / oleh-oleh /  bento di Souvenir Shops Hakone no-ichi. Tempatnya bersebrangan satu sama lain.

Hanya Hakone Cafe tidak buka sampai malam. Jadi jika anda baru sempat untuk melihat-lihat pada waktu anda kembali, terdapat souvenir shop yang buka disana.

Sebelum masuk stasiun, Anda hanya perlu menunjukan tiket free pas/ romance car tiket ke petugas gerbang.
Menurut petunjuk, Kereta lokal terdapat dibawah.

Untuk mengetahui line mana kereta romance car anda berhenti, anda bisa melihat dilayar TV petunjuk.

Mesin untuk memesan romace car tiket dibawah ini. Anda bisa juga memesan di servis counter penjualan diluar stasiun.

Tiket romance car dibawah ini. Hanya berlaku untuk satu kali perjalanan. Jika 2 arah anda menggunakan romance car, maka biaya nya adalah 2 kali. Tiket dapat dipesan di Hakone Yumoto sebelum anda pulang atau di counter yang sama tapi harus dipastikan bahwa Anda harus berada distasiun kereta sebelum jam keberangkatan.
Pastikan sebelum jam keberangkatan anda berada digerbong kereta yang tertera.
Ditiket kami tertera Kereta 15, Gerbong 6 (Car 6) tempat duduk 12C,12D,11D.

Kereta yang datang akan tertera informasi yang sama dengan tiket. Perhatikan tanda nomer warna merah 15, gerbong 6.

Dibawah juga tertera petunjuk. Tapi kami hanya mengira-ngira jika tanda itu menunjuk ke Gerbong 6. Supaya lebih pasti anda bisa bertanya kepada petugas yang berada disekitar. dengan menunjukkan tiket anda.

Kereta yang membawa penumpang kembali kestasiun ini akan turun terlebih dahulu. Dan kereta akan dibersihkan terlebih dahulu oleh petugas. tempat duduk juga akan otomatis diputar searah perjalanan kereta.

Didalam kereta romance car, posisi tempat duduk dapat dibalik. Jika anda berjalan-jalan dalam 1 grup berisi 4 orang, posisi tempat duduk dapat dibalik seperti dibawah ini. Dengan hanya menekan handle dibawah kursi menggunakan kaki anda dan memutar kursi. Anda dapat duduk berhadap-hadapan.

Ini tempat pemberhentian kereta express di Odawara. Untuk romace car, anda tidak perlu berganti kereta. Kereta akan terus berjalan sampai tujuan terakhir.

Didalam kereta anda juga bisa makan dan minum. Anda bisa membawa makanan sendiri atau memesan makanan dari petugas yang lewat. Seharusnya jika anda ingin menghemat waktu, anda bisa makan diperjalanan anda dikereta ini.

Jadi karena kita bergegas untuk pergi naik Hakone Ropeaway yang akan ditutup pada jam 16.15 PM. Jadi kita melewatkan makan siang kita dan hanya membungkus makanan kami. Kami sampai di stasiun Hakone Yumoto sekitar pukul 11.50 dan transfer menggunakan Hakone Tozan Train menuju ke Gora Stasiun.
Kereta menuju ke Gora stasiun bersebrangan dengan kereta romance car.

Orang-orang mengantri kereta Hakone Tozan. Terdapat garis dilantai stasiun ini. Budaya antri sangat terlihat diJepang.

Toko souvenir, oleh-oleh dan makanan ditengah-tengah stasiun. Kami membeli makanan nasi kepal ditoko ini yang menurut kami rasanya enak. Juga terdapat mochi cokelat (terletak dipaling ujung kanan) yang juga enak dan harus dibeli.
Salah satu nasi kepal yang kami beli. Pengemasannya sangat rapi dan mengesankan untuk sebuah nasi kepal. Rasanya juga sangat enak.

Michelle makan diatas kereta Hakone Tozan. Perjalanan ke Gora membutuhkan waktu sekitar 40 menit. Kereta ini menarik karena jalurnya berada diatas gunung. Anda bisa melihat pemandangan bawah gunung. Ketika kereta sampai disalah satu stasiun, ia akan kembali kearah yang sama dengan rute yang berbeda.

Kita harus melewati 6 stasiun untuk menuju ke Gora. Lihat denah stasiun dibawah ini dari kiri ke kanan di tanda bayangan putih.

Sesampainya di Gora stasiun. Kita dapat berjalan-jalan disini, atau melanjutkan perjalanan menggunakan Hakone Tozan Cable Car. Tidak seperti cable car yang lain, cable car disini berupa kereta seperti biasa dengan memakai kabel. Anda harus keluar dari area Hakone Tozan train dan masuk ke arah masuk area Hakone Tozan Cable Car dengan menunjukkan tiket free pass. Kereta akan datang sekitar 10 menit interval.

Kita akan menuju ke stasiun Sounzan untuk menaiki Hakone Ropeaway.

Sesampainya distasiun Sounzan, terdapat pengumuman bahwa di Sounzan terdapat perbaikan dari Hakone Ropeaway dari stasiun Sounzan menuju ke Owakudani. Terdapat shuttle bus yang menggantikan perjalanan kami. Tapi banyak sekali orang-orang yang mengantri disini. Perbaikan hakone ropeaway ini sampai tgl 7 Februari.

Hakone Ropeaway ini merupakan kereta gantung yang menghubungkan beberapa stasiun. Dari kereta gantung ini anda dapat melihat pemandangan gunung Fuji dari jauh.

Shuttle bus ini mengantarkan kami ke stasiun Owakudani. Disini adalah tempat penjualan dari telur hitam. Bau dari gas sulfur volkanik juga sangat kuat disini.

Kenapa disebut telur hitam?
Bagian telur ini masih terlihat sama dengan telur rebus biasanya, tapi cara memasaknya yang membuat mereka sedikit istimewa (80 derajat Celcius selama 60 menit di mata air alami. Kemudian dikukus pada suhu 100 derajat selama 15 menit di keranjang baja.) Air yang direbus mengandung belerang dan zat besi. Telur hitam, atau biasa disebut "Kuro-Tamago" oleh penduduk setempat sangat aman, meski bisa berbau belerang. Sebenarnya mereka diyakini menambahkan beberapa tahun untuk rentang hidup Anda - lima sampai tujuh tahun.

Dari Owakudani kita melanjutkan perjalanan menggunakan Hakone Ropeaway menuju ke stasiun Togendai. Satu kereta gantung ini bisa menampung beberapa orang sekitar 15-25 orang. Kita akan melewati stasiun Ubako sebelum sampai ditujuan.

Selanjutnya kita melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Hakone Sightseing Cruise berangkat dari Togendai. Kapal cruise ini akan melewati danau Ashi. Perhatikan jam anda karena kapal ini akan berhenti operasi sekitar pukul 16.00.

Klik disini ini untuk jam operasi

Bayangan Gunung Fuji dari Hakonemachi-ko.

Kapal cruisenya sangat unik karena berbetuk seperti kapal bajak laut. Menyebrangi danau Ashi sekitar 25-35 menit.

Di Hakonemachi-ko banyak juga beberapa wilayah yang bisa dikunjungi.
Untuk kembali ke stasiun awal. Anda harus menggunakan bus Hakone Tozan Bus.

Anda bisa menggunakan bus Line R atau Line H. Perlu diperhatikan bus terakhir line R akan berhenti operasi lebih awal sekitar jam 17.45. Tempat menunggu bus ini adalah di nomor pemberhentian nomer 2. Selain itu kita bisa kembali dengan menggunakan bus line H yang mengambil penumpang di bus pemberhentian no 1. Bus terakhir dari line H ini adalah pukul 20.20.

Anda bisa menggunakan link, klik disini untuk mencari jadwal Hakone Tozan bus.

Jadi akhir perjalanan kami kembali dengan menggunakan romance car. Kami kembali mendapatkan gerbong 6. Kali ini kami mendapatkan kereta berwarna oranye tetapi letak tempat masuknnya berbeda dengan sebelumnya. Kereta berhenti agak ujung belakang dari stasiun.

Kali ini tanda kereta berbeda dan juga berwarna oranye.

Perjalanan kami keseluruhan sangatlah panjang dan tidak terlalu santai untuk 1 hari menjelajahi Hakone. Diharapkan jika anda ingin memiliki waktu luang yang agak banyak, maka anda bisa berangkat lebih pagi dan tidak pada waktu akhir pekan. Atau anda bisa meluangkan waktu untuk bermalam di Hakone dan menjelajah daerah-daerahnya dengan menggunakan bus. Semoga bermanfaat.

Terima Kasih sudah membaca

Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatupun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur,sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa.