SEKOLAH DASAR: HARI ORIENTASI - Hellofromourhome ID

Thursday 13 December 2018

SEKOLAH DASAR: HARI ORIENTASI


Jadi kami telah berhasil mendaftarkan anak kami untuk bersekolah di Sekolah Dasar di Singapura kelas 1. Dan apa yang harus kami lakukan selanjutnya?

Bagi kami sebagai orang tua yang merantau diluar negeri dengan anak pertama kami yang akan menginjak bangku sekolah dasar. Kami sebenarnya sama sekali tidak tahu bagaimana sistem pendidikan di Singapura.

Namun perjalanan ini masih akan sangat panjang, dan kami bersyukur bahwa semua informasi tersedia dan mudah ditemukan. Kami sangat menghargai betapa bijaksananya alur atau proses yang telah mereka buat dengan mudah bagi penduduk untuk mendaftar ke sekolah dasar negeri setempat.

Sementara sebagian besar negara masih bergantung pada sekolah swasta, tetapi di sini mereka telah berhasil menjadikan sekolah pemerintah lokal sebagai pilihan pertama untuk semua pelajar muda.

Jadi kami diundang untuk menghadiri orientasi sekolah di gedung sekolah yang akan menjadi sekolah anak kami.





Apa yang akan kami dapat pada hari itu?

Kami diharuskan membawa anak kami untuk melihat-lihat bangunan dan area sekolah. 

Ada beberapa murid senior dan juga guru yang ditugaskan untuk mengirim anak kami ke kelas masing-masing. Disana mereka akan dihibur oleh tontonan dari video.

Orang tua diharuskan menghadiri pengarahan untuk mempersiapkan anak-anak pada hari pertama sekolah, juga untuk mengisi formulir yang diperlukan, seperti: 
1. formulir data dari siswa dan orang tua, 
2. formulir GIRO (untuk pembayaran uang sekolah), 
3. formulir pernyataan untuk menyatakan siapa yang akan menjemput anak-anak, serta 
4. formulir pernyataan dan persetujuan untuk kesehatan masing-masing anak (akan ada pemeriksaan kesehatan rutin serta pemeriksaan gigi yang diadakan disekolah).

Hal kegiatan lainnya adalah :
1. Membeli seragam, jadi kita disarankan untuk membawa anak-anak kesekolah tersebut adalah untuk memiliki ukuran seragam yang tepat yang dibantu oleh pihak penjual. 
Pembelian tidak diberi keharusan, tetapi disarankan untuk membeli minimal 5 set seragam. Jika anda perlu membeli lebih banyak, Anda dapat menghubungi Kantor Administrasi sekolah. 

Semua pembayaran dilakukan dengan uang tunai. Total biaya seragam ini berkisar kira-kira $ 90.



2. Membeli buku. Di Singapura sistem pendidikan disini mengharuskan anak-anak untuk belajar bahasa sehari-hari mereka atau bahasa ibu/orang tua. 

Buku yang dibeli akan tergantung pada pilihan bahasa ibu tersebut. Terdapat 3 bahasa yaitu bahasa Malay, bahasa Cina, dan bahasa Tamil. Pihak penjual sudah mengemas buku-buku itu ke dalam setiap bahasa. Biaya total untuk pemebelian buku-buku adalah sekitar $ 150 dan mode pembayaran hanya dalam bentuk Uang Tunai. 

Stand yang sama juga menjual alat-alat tulis , tas, dan sepatu untuk sekolah dasar.





3.Membeli tag nama. Tag ini adalah seperti kain yang akan disematkan kesetiap baju seragam.

Pembelian buku dan seragam ini juga dapat dilakukan hari lainnya, hanya pastikan kepada pihak penjual kapan mereka akan berada di sekolah atau pembelian diluar jam sekolah.

Jadi untuk jadwal sekolah dasar ini, mereka telah membuat waktu istirahat dan waktu sekolah berakhir yang baru. 
Akan ada 2 waktu yang berbeda untuk istirahat, pada waktu istirahat pagi dan makan siang. Karena dua kali waktu istirahat ini, mereka akan memiliki waktu berakhir sekolah yang lebih panjang. (Tapi ini sebenarnya akan tergantung pada peraturan sekolah masing-masing)

Jadi Hari pertama ke sekolah, apa yang harus dibawa?
  • Buku cerita
  • Bahan mewarnai
  • Kotak pensil
  • Botol air
  • Dompet dengan uang / kotak makan siang
  • Semua barang-barang milik anak-anak dan juga seragam harus diberi label.
Apa yang harus dipersiapkan untuk anak-anak.

1. Diharapkan anak-anak akan bisa merawat kebersihan pribadi mereka masing-masing, seperti: mencuci tangan, pergi ke toilet.

2. Menghitung uang dan menerima kembalian.

3. Meminta izin, seperti: jika mereka benar-benar terdesak untuk menggunakan kamar mandi.

Terima Kasih sudah membaca  


Matius 5 : 16  -  Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.

No comments:

Post a Comment