JEPANG : SHIRAKAWA-GO - Hellofromourhome ID

Saturday 7 April 2018

JEPANG : SHIRAKAWA-GO

Jalan-jalan kami kali ini tentu saja kami sempatkan untuk mendatangi suatu tempat wisata diJepang yang amat sangat indah dikunjungi pada waktu musim salju. Tempat ini juga merupakan tempat tujuan dari wisatawan yang datang berkunjung ke Jepang karena tempat ini memiliki tempat yang bersejarah. Tempat ini sangat terkenal dengan rumah tradisional tua mereka yang hampir berumur 250 tahun. Juga dikenal dengan tempat yang mendapatkan penghargaan dari UNESCO sebagai tempat bersejarah pada tahun 1995.

Untuk menuju ketempat ini sebenarnya ada dua jalan. Salah satunya adalah melalui Takayama Nohi Bus Terminal di Takayama. Akses dari bus terminal ini sangat dekat dengan stasiun kereta JR Takayama.

Anda hanya diharuskan membeli tiket bus untuk menuju keShirakawago. Mereka memiliki jadwal bus setiap satu jam. Tiket bus bisa dibeli dibawah ini di tempat informasi untuk turis.

Harga Tiket:
Round Trip :
Orang dewasa: 4420 yen
Anak-anak : 2210 yen

Perjalanan akan ditempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Dibawah ini adalah nomor halte antrian bus untuk menuju ke Shirakawago.

Sesampainya kami diShirakawago, hari sudah menunjukkan pukul 5 sore. Banyak toko-toko dan restoran yang tutup. Juga swalayan/mini market juga hampir tutup.  Kami bergegas untuk berjalan-jalan disekitar wilayah Shirakawago. Karena tebalnya salju, kami tidak berani untuk berjalan ditempat-tempat yang tidak terlihat, karena kami tidak akan mengetahui apakah itu aman atau tidak. Jadi kami hanya berjalan melewati bahu jalan untuk pengendara. Ada beberapa mobil yang berlalu lalang juga dijalanan ini, jadi kami harus berhati-hati.

Karena waktu yang singkat kami berusaha menikmati keindahan Shirakawago yang tertutup salju. Sampai-sampai tangan dan kaki kami seakan-akan beku karena daerah ini sangatlah dingin. Temperatur menujukkan suhu udara kurang dari 0 derajat pada waktu itu. Sekitar -10 derajat. Dan salju tebal pun akhirnya turun sehingga sangat susah untuk kami berfoto bersama.
Bisa dilihat dibawah ini dibelakang kami adalah jalan raya untuk mobil yang lewat untuk 2 arah. Jalan raya tetutup oleh tebalnya salju.

Semakin malam hujan salju pun semakin deras.

Sekitar jam 6.30 kami pun kembali ke terminal bus diShirakawa. Terminal disini sangat kecil. Diruangan inilah dimana kita diharuskan mengantri menunggu bus. Tetapi karena sudah malam maka hampir tidak ada orang yang mengantri disini. Tidak ada mesin penghangat didalam ruangan untuk menunggu ini.

Halte bus tempat kami turun dan untuk kembali pulang ke Takayama tidak sama. Jadi janganlah salah mengantri. Tempat untuk kembali berada dibagian depan.

Anda bisa menunggu digate Takayama/Gero dibawah ini.

Disebelah Shirakawa-go bus terminal ini terdapat tempat informasi untuk turis. Tempat ini akan tutup sekitar pukul 5.30 sore. Didalam tempat informasi ini terdapat ruangan penghangat, mesin untuk membeli minuman, dll. Jadi jika anda menunggu bus, anda bisa beristirahat disini sejenak untuk menghangatkan badan.

Ikuti gate dibawah ini

Didalam tempat informasi untuk turis juga terdapat tempat untuk menukar uang. Mereka menerima mata uang dibawah ini. Juga terdapat jadwal keberangkatan bus untuk Takayama dibawah ini. Jangan sampai ketinggalan Jam terakhirnya.

Isi toilet umum diterminal bus ini. Kami juga merasa sangat susah untuk kami menemukan tong sampah diJepang. Jadi diharapkan anda untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Bus kami datang sebelum waktunya. Jadi kami pun merasa beruntung dan segera naik kedalam bus.

Jika anda ingin menjelajah Takayama Shirakawa dengan menggunakan tour, ada beberapa agen yang menyediakan jasa tour seperti dibawah ini.

Atau anda bisa memesan online melalui web ini. ISiteTakayama
Isite Takayama ini menawarkan jasa setengah hari tur ke Shirakawa-go dengan tur guide yang bisa berbahasa inggris dengan minimum 2 orang dan maksimal 20 orang.
Harga Tur sudah termasuk harga tiket bus.

Harga Tiket Round trip:
Orang dewasa: 4400 yen
Anak-anak (3-12 tahun) : 4000 yen

Jadwalnya ada 2 tur: Pagi dan Sore
Tur Pagi dimulai pukul 08.10 di Stasiun JR Takayama
Jika anda menginap dihotel-hotel dibawah ini makan mereka akan menjemput anda di hotel.
a. Best Western Hotel Takayama pada jam  7:50

Tur Siang dimulai pukul 13.20 di Stasiun JR Takayama
Sampai diShirakawa-go pukul 14:10 dan tur selesai pada pukul 16:10
Kembali ke Stasiun JR Takayama pukul 17.00 - 17.20

Saya sarankan jika memang anda ingin menikmati keindahan Shirakawa-go anda bisa memesan penginapan diShirakawa. Ada beberapa rumah-rumah yang bisa ditinggali disana tetapi anda harus memesannya jauh-jauh hari karena mereka selalu penuh pada waktu musim dingin.

Terima Kasih sudah membaca

Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi sebab kasih itu berasal dari Allah dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah.